Sepertinya sim internasional indonesia berlaku di luar negeri, tapi di negara mana?

Memang, Indonesia berlaku untuk sejumlah negara. Drivers, kamu tidak perlu pusing dengan SIM internasional karena sim internasional indonesia bisa digunakan di banyak negara.

Negara-negara yang tercantum di bawah mengizinkan penggunaan SIM Indonesia saat mengemudi:

SIM Indonesia dapat digunakan di seluruh negara ASEAN sesuai dengan “Agreement on the Recognition of Domestic Driving License Granted by ASEAN Nations” yang ditandatangani pada tahun 1985.

Hanya sekelompok kecil negara ASEAN, termasuk Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Singapura, dan Thailand, yang awalnya menandatangani perjanjian tersebut. Kartu SIM Indonesia dapat digunakan di Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja mulai tahun 1998.

Perlu diingat bahwa sim internasional indonesia ini memiliki masa berlaku yang terbatas. Kartu SIM Indonesia, misalnya, memiliki masa berlaku awal 12 bulan di Singapura. Jika melebihi jumlah tersebut, pengemudi diharuskan menggunakan SIM Singapura.

Pengemudi di Malaysia harus memiliki kartu sim internasional indonesia dan internasional yang masih berlaku. Sementara itu, warga negara Indonesia dapat mengajukan SIM di Malaysia melalui Malaysian Driving Institute jika belum memiliki SIM internasional. Sejak 2018, ada kebijakan baru untuk SIM bagi warga negara asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *